Workshape Di Flash dan Fungsinya
Workshape Di Flash dan
Fungsinya
Mengenal Flash dengan cara mengenal icon-icon
dan tools yang berada pada Workshape
Seperti tampilan di atas , sehingga lebih
dekat dengan flash .
Workshape di Flash beserta fungsinya :
-
Stage
Stage yaitu tampilan pada flash /tempat anda untuk mengaplikasikan dan juga
menunjukan isi aplikasi anda yang muncul setelah anda selesai membuat dan
menjalankan aplikasi, anda dapat menambahkan obyek-obyek berupa garafik, teks button dan sebagainya
kedalam stage dan anda juga dapat memodifikasi obyek-obyek tersebut atau
membuat obyek baru atau pun membuat animasi.
-
Timeline
Yaitu menyediakan frame-frame yang dapat di
gunakan untuk membuat obyek animasi menjadi bergerak.
·
Single keyframe dan frame
Yaitu cara menambahkan frame dengan cara satu
persatu (f5 dan f6)
·
Motion tweened frame
Lebih sering digunakan untuk frame obyek
obyek frame yang awal otomatis terkunci
obyek frame yang awal otomatis terkunci
·
Shape tweened frame
Di gunakan untuk frame warna / untuk perubahan bentuk
·
Labeled frame
adalah untuk menunjuk tempat animasi /frame
adalah untuk menunjuk tempat animasi /frame
·
Sripted frame
cara menghentikan frame / stop frame
caranya dengan memilih batas frame yang ingin di hendtikan tekan f9 tulis ( stop();)
caranya dengan memilih batas frame yang ingin di hendtikan tekan f9 tulis ( stop();)
-
Library
Library di sini di gunakan untuk menggunakan/
menyimpan suatu obyek frame animasi sehingga obyek dapat di edit dan dapat di
gunakan kembali.
-
Action dan Propeties
Membatu anda mengatur beberapa properti/obyek
terpilih yang ada di stage, apabila tidak ada obyek yang dipilih, maka panel
Propeties akan terkait langsung dengan properti/obyek pada stage.
-
Panel Tools
Alat bantu untuk membuat obyek grafik yang
dapat di tambah dalam stage yang berupa icon-icon.
·
Tools Area
Semua icon-icon utnuk membuat sebuah obyek
pada stage
·
View Area
Untuk melihat icon-icon pada tools
·
Colours Area
Tempat atau letak dimana sebuah icon untuk mewarnai obyek pada stege
·
Option Area
Pengaturan Tools
-
Colours Area
Tempat untuk pengolahan warna yang akan di
gunakan untuk mewarnai obyek pada stage.
-
Teks
Icon pada tools yang berfungsi untuk
menambahkan sebuah huruf atau angka yang berupa teks
·
Perbedaan static teks, dinamik
teks dan input teks
Yaitu ukuran teks dengan menggunakn static tidak bisa di
perbesarkan ,perbesaran teks bisa di perpanjang
Melainkan pada dinamik teks perbesaran teks
dapat di edit
Dan input dapt di perbsarkan dan teks dapat
digunakan untuk input yang masuk atau teks bisa di edit dan bisa di ganti-ganti
sesuai dengan inputan, inputan namun tidak bisa dilakukan static dan dinamik.
··
Apa itu Linking teks Apart , bagai
mana fungsinya dan bagaimana car membuatnya ?
Linking teks yaitu teks yang bisa menuju ke
suatu Link pada jaringan internet
Befungsi memudahkan dalam suatu interaksi
antara flash dengan jaringan.
Cara membuatnya :
1.
Buat sebuah document flash baru
2.
Buat sebuah teks menggunakan static
teks pada stage, misal di sini kita tulis link ke facebook
3.
Masih dalam teks terseleksi, kemudian
buka panel propeties(Ctrl+F3) ketikan alamat tujuan (http://www.facebook.com
4.
Kemudian tes movie dengan Ctrl+Enter.
·· Apa itu Breaking teks Apart , bagai mana fungsinya dan bagaimana car membuatnya ?
adalah cara memisahkan suatu teks yang awalnya 1 kesatuan menjadi berpisah ,
berfungsi untuk memisahkan teks
http://fikrithelefthand.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-linking-teks-pada-flash.html
·· Apa itu Breaking teks Apart , bagai mana fungsinya dan bagaimana car membuatnya ?
adalah cara memisahkan suatu teks yang awalnya 1 kesatuan menjadi berpisah ,
berfungsi untuk memisahkan teks
Cara membuatnya :
1. Buat sebuah document flash baru
2. Buat sebuah teks menggunakan static teks pada stage,
3. Pilih teks klik kanan , pilih breking teks
4. Letakkan dimana posisi tempat teks yang sudah di break
http://fikrithelefthand.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-linking-teks-pada-flash.html
-
Apa perbedaan Bitmap dan Vektor ?
-
Gambar Vektor
Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk bukan dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini bukan terdiri dari titik, maka apabila tampilan gambar ini diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis
vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand.
Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.
Gambar Bitmap
Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau piksel. Masing-masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangat tergantung kepada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan piksel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scanner serta gambar yang dihasilkan dari software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT.
Kelemahan dari gambar jenis bitmap adalah gambar akan menjadi pecah dan terlihat “kotak-kotak” (jagged) apabila gambar tersebut diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil daripada nilai resolusi aslinya. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan format vektor.
Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk bukan dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini bukan terdiri dari titik, maka apabila tampilan gambar ini diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis
vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand.
Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.
Gambar Bitmap
Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau piksel. Masing-masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangat tergantung kepada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan piksel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scanner serta gambar yang dihasilkan dari software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT.
Kelemahan dari gambar jenis bitmap adalah gambar akan menjadi pecah dan terlihat “kotak-kotak” (jagged) apabila gambar tersebut diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil daripada nilai resolusi aslinya. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan format vektor.
-
Mcam-macam pembuatan animasi dalam Flash
·
Frame by frame
Dengan cara frame by frame yaitu pergerakan sebuah timeline dengan
cara satu persatu.
·
Tweening
Motion tween,pergerakan untuk sebuah grafik
Shape Tween, pergerakan untuk sebuah pewarnaan (warna yang
berubah-ubah).
-
Simbol dalam flash
adalah untuk mengubah sebuah obyek menjadi suatu tipe sehingga
dapat di gunagan sesuai obyek yang akan menjadi sebuah animasi.
·
Tipe simbol grafik
tipe simbol untuk sebuah obyek yang berbentuk gerafik
·
Tipe simbol movie clip
Tipe simbol untuk sebuah obyek film
·
Tipe simbol button
Tipe simbol untuk sebuah obyek yang bisa interaksi kepada pengguna
/ tombol
·
Tweening pada simbol
Tipe simbol yang berada
pada sebuah tweening .
-
Jelaskan
format Publising Flash Movie berikut :
·
Flash
*.swf swf adalah file yang terbentuk jika anda melakukan test movie , .swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d lainya.
·
Html
*.html adalah format file flash dengan cara meng eksport menjadi html sehingga dapat digunakan pada html
·
Windows
Projektor *.exe Dalam flash juga menyediakan jasa untuk meng-export animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi (.exe)
Komentar
Posting Komentar