Tutorial Mengisntal Ubuntu menggunakan Virtualbox


Oracle VM VirtualBox adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memasang sistem operasi di dalam sistem operasi yang sedang berjalan. Contoh yang akan saya berikan kali ini adalah memasang atau menginstal sistem operasi Linux Ubuntu 14.04.1 di dalam sistem operasi Windows 7. Kelebihan dari virtual box bisa dilihat dari segi penginstalan yang memang lebih mudah dan begitupun cara pemakaiannya juga lebih mudah dijalankan.





Tahap 1 : Persiapan


  1. Unduh dan instal software Oracle VM VirtualBox terbaru. Caranya KLIK DISINI. Tinggal    download, next, next, dan seterusnya seperti menginstal software biasanya. Disini saya gunakan versi 4.3.0
  2. Unduh dan simpan file instalasi OS Linux Ubuntu (.iso) terbaru. Caranya KLIK DISINI. Harus ingat dimana Anda menyimpannya. Disini saya gunakan versi 13.10
  3. Semoga berhasil

  
                       Lakukan sebelum mengikuti tutorial ini seperti Gambar di bawah



 4. Lakukan penginstalan VirtualBox

                                                 klik tombol Next untuk melanjutkan proses.



 klik tombol Next untuk melanjutkan proses.


gambar di atas adalah proses penginstalan VirtualBox.



Gambar di atas adalah proses akhir dari penginstalan VirtualBox (selamat anda berhasil tahap pertama)


Tahap 2 : Membuat mesin virtual baru

1. Buka aplikasi Oracle VM VirtualBox 4.3.0 kemudian klik New.


 



2. Tuliskan nama mesin virtual yang baru sesuai selera Anda di kolom Name. DikolomType,pilih Linux dan dikolom Version, pilih Ubuntu. Lalu klik Next



3.  Atur ukuran memori RAM yang akan dipakai untuk Linux Ubuntu nanti (saya sarankan diatur lebih dari 512 MB, karena jika tepat 512 MB, dijamin program akan berjalan lambat). Jika sudah klik Next.



4. Pada jendela ini muncul 3 pilihan. Pilih “Create a virtual hard drive now” lalu klikCreate.


5. Pilih jenis hard drive yang akan digunakan untuk dijadikan virtual hard drive. Saya sarankan pilih VDI (VirtualBox Disk Image), lalu klik Next.


6. Silahkan pilih lokasi penyimpanan untuk virtual hard drive. Untuk ukuran biarkan default yaitu 8,00 GB. Lalu klik Create 




Tahap 3. Penginstalan Ubuntu

1.  Pada tampilan awal VirtualBox Manager, klik “Start” hingga muncul jendela baru. Tapi sebelum itu, saya harap komputer atau PC Anda memenuhi persyaratan berikut ini :
  • Mempunyai ruang penyimpanan sedikitnya 5,9 GB
  • Dicolokkan ke sumber listrik
  • Terkoneksi ke internet
2.  Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih file instalasi OS Linux Ubuntu 13.10 (.iso) kemudian klik Start.


3.  Selanjutnya pilih bahasa yang diinginkan sesuai dengan selera Anda, dan klikInstall Ubuntu.


4. Pada tahap persiapan menginstal Ubuntu ini, disarankan untuk memenuhi 3 kriteria seperti yang tertera di bawah ini, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya . Lalu klik Continue.



5. Jika muncul tampilan di bawah ini. Centang pada “Erase disk and install Ubuntu”, biasanya sudah tercentang secara default. Lalu klik Install Now.

6.  Ketikkan lokasi dimana anda berada sekarang. Lalu klik Continue.
     Berhubung kita di Indonesia atur dengan cara pilih jakarta time.



7. Pilih jenis susunan keyboard yang anda inginkan. Saya sarankan biarkan tetap default. Lalu klik Continue.


8.  Pada bagian ini, isi kolom registrasi. Pastikan bagian kanan form telah dicentangberwarna hijau. Kemudian pilih salah satu pilihan login sesuai keinginan anda, apakah itu login otomatis atau membutuhkan password. Lalu klik Continue.


9. Proses penginstalan pun dimulai. Karena waktu yang dibutuhkan untuk menginstalcukup lama, jadi saya sarankan untuk istirahat dulu sambil menunggu proses selesai. 


10. Saat instalasi selesai. Sistem akan memberikan perintah untuk me-restart komputer. Restart yang dimaksudkan disini bukan me-restart komputer pada umumnya, melainkan me-restart hanya pada jendela VirtualBox yang telah dipakai untuk menginstal Linux Ubuntu tadi. Silahkan klik Restart Now dan tunggu beberapa saat sampai mesin virtual dihidupkan kembali.


11.  Jika saat registrasi tadi memilih “Require my password to log in” maka akan muncul tampilan di bawah ini. Cukup ketikkan password anda dan tekan ENTER pada keyboard.


12.  Selamat! Sekarang Linux Ubuntu 14.04.1 sudah dapat beroperasi.


Semoga bermanfaat 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif TIK