Cheat sheet "Command Shell"




Commad shell adalah 
Program yang menerjemahkan perintah Mengijinkan user untuk mengeksekusi perintah dengan cara mengetiknya secara manual di ,terminal atau secara otomatis pada program yang disebut shell script.Shell bukan sistem operasi tetapi cara untuk terhubung dengan sistem operasi dan menjalankan perintah.






Pertama buka ubuntu pada laptop / PC kalian
dan buka terminal pada deskop untuk memeraktekan Commad Shell


1. dapat di gunakan untuk mencari jarak nilai misalkan  0-9 dan A-Z
    perintah  : ls -l /bin/m[a-z]


2. Mewakili karakter tunggal dalam nama file Contoh: m? dan Alat pemisah direktori, digunakan untuk memisahkan string dari nama direktori Contoh: /bin/m?
   perintah : ls -l /bin/m?


3. Disini kita membuat direktori/folder yang dberi nama stmoperasi, setelah itu masuk ke folder stmoperasi. Kita buat file dalam folder stmoperasi. Dengan mengetikkan command "touch berkas [0-12].txt yang berfungsi untuk mewakili jarak dan nilai. lalu lihat list nya command "ls"


4. Escape character. Jika anda menginginkan untuk menggunakan karakter spesial, anda harus “melepaskan” dengan miring garis terlebih dahulu. Contoh: touch /tmp/filename\*


5. Mewakili 0 atau banyak karakter dalam nama file, atau dengan sendirinya, semua file dalam direktori
tanda * terdapat seperti gambar di bawah ini :





4. Command separator. Memungkinkan anda untuk mengeksekusi banyak perintah dalam satu baris. 
coba lakukan seperti gambar di bawah ini :
 perintah  : ls -l ;pwd


5. buatlah  berkas lagi dengan command "touch" lalu berkas bisa kita lakukan eksekusi banyak perintah dalam satu baris. dengan karakter ";" dan  Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. dengan karakter ">"
 perintah : - touch  nama .txt
                  - (ls -l ;pwd ) > nama.txt
                  - cal


6. Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > fyktlh.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat fyktlhs.txt" mucul  cal yang berati calender.  
 perintah : - cal > nama.txt
                  - cat nama.txt


7. Mengalihkan output dari suatu perintah menuju ke akhir dari suatu file yang sudah ada hampir sama dengan yg diatas. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > fyktlhs.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat fyktlh.txt" mucul lah cal yang berati calender.  


8. Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah kedua jika perintah pertama dikerjakan tanpa ada error.
  perintah  :  ls /etc/passwd && echo "file password"



Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah salah satu saja jika salah satu perintah yang akan dikerjakan tanpa ada error.



Mengeksekusi suatu perintah di background, dan langsung mendapatkan shell anda kembali . seperti dibawah ini, ketikkan command "ls /etc/passwd & echo "file password ada"



 -- Semoga bermanfaat --

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif TIK