Edu Game: Budi Adventure VS Rumah Belajar

Halo Sobat RumBel, mulai saat ini saya akan memanggil sahabat-sahabat Rumah Belajar dengan sebutan Sobat RumBel yaaaa. Sobat RumBel pasti sudah banyak yang tahu "Apa Edu Game?" bukan? Ya, Edu Game adalah multimedia pembelajaran interaktif yang didesain khusus berbentuk permainan komputer yang menghantarkan pemainnya pada materi pelajaran tertentu. Lalu pembahasan kali ini saya akan membagikan tentang EDU GAME: Budi Adventure VS Rumah Belajar. Pembahasan akan dimulai dari  tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi sampai ke Rumah Belajar.
Baiklah, Sobat RumBel sudah siap belum membaca Blog kali ini?

Edu Game di Rumah Belajar

1. Tahap Pra-Produksi

Pada tahapan pra produksi pembuatan Edu Game sama seperti layaknya membuat Multimedia pada umumnya. Berikut yang dikerjakan pada tahap pra produksi:

a. Merancang Flowchart

Flowchart adalah alur logika berbentuk bagan dari sebuah media seperti video, multimedia, ataupun game yang bertujuan untuk memberi acuan agar pembuatan media lebih mudah.


Contoh Flowchart

b. Merancang Storyboard

Storyboard adalah lembaran atau papan yang bercerita tentang media seperti video, multimedia, ataupun game yang akan dibuat dalam bentuk gambar dan teks penjelasan.

Contoh Storyboard

2. Tahap Produksi

Pada tahap produksi, kita akan mulai melakukan proses desain assets hingga menggabungkan menjadi sebuah edu game sesuai dengan rancangan pada tahap pra produksi. Berikut yang dikerjakan pada tahap produksi:

a. Mendesain Assets - Adube Illustrator

Contoh Assets

Dalam membuat desain assets dapat menggunakan aplikasi desain selain Adobe Illustrator. Gunakanlah aplikasi yang mudah digunakan saja, atau kita bisa mengambil assets yang dibagikan secara gratis di Internet. salah satunya: lihat

b. Menyusun Assets - Construct 2

Construct 2 adalah aplikasi pembuat Multimedia Interaktif yang memiliki banyak fitur aksi sehingga dapat digunakan aksi masukan touchscreenkeyboard, dan mouse. Maka dalam pembuatan Games, aplikasi ini sangat dapat berkonstribusi. 

Contoh Gabungan Assets

c. Memberi Aksi - Construct 2 Tanpa Koding

Pemberian aksi pada setiap objek aksi dapat dilakukan tanpa koding setelah semua desain digabungkan dalam halaman-halaman (scenes) yang telah direncanakan.

Contoh Tanpa Koding

3. Tahap Pasca-Produksi

Pada tahapan pasca produksi, edu game sudah selesai lalu diuji coba (hingga tidak ada bug atau error) sebelum diunggah pada web server, Lalu, apa lagi yang dilakukan [ada tahap pasca produksi? Tahap pasca produksi artinya tahap penyelesaian dengan kegiatan finalisasi dari tahap produksi. Maka, pada tahap pasca produksi dapat kita lakukan dengan membagikan hasil produksi berupa edu game kita ya sobat.

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu. Bagaimana cara membagikan Edu Game atau Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sejenis?

Pada umumnya Edu Game pada Rumah Belajar dapat diunggah pada Fitur Rumah Belajar, namun perlu akun yang sudah diverifikasi oleg Pusat. Jangan berkecil hatiikuti langkah-langkah di bawah ini ya Sobat RumBel:


Unggah Google Drive + DriveToWeb

a. Login Google Drive dan Unggah folder Edu Game yang berupa Html 5 (bukan apk), lalu share folder secara public.


Google Drive

b. Buka DriveToWeb dan klik Allow

Allow drv.tw

c. Klik Host on Google Drive
Folder drv.tw

d. Akan tampil semua folder yang dibagikan secara publik, lalu kita bisa mengganti nama laman pada Name your site.
Shared Folder drv.tw


Unggah Repos Multimedia Pembelajaran Interaktif

a. Buka laman https://belajar.kemdikbud.go.id/repos dan akan tampil seperti di bawah, selanjutnya klik Accept seperti pada panah merah.

Laman Repos pada Rumah Belajar: Accept

b. Klik Login dan klik Upload +

Laman Repos pada Rumah Belajar: Login


c. Unggah berkas Folder yang telah dikompres dalam ZIP seperti di bawah ini, lalu klik Upload.


Upload Repos di Rumah Belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif TIK