AYO BER-BUAD #2: Praktik Baik

Sobat RumBel pasti sudah tidak asing lagi dengan Praktik Baik, Bukan? Semua guru pasti melakukan Praktik Baik tanpa disadari. Praktik Baik tak lain dan tak bukan merupakan proses pembelajaran membagikan suatu ilmu atau pengatahuan dari guru ke peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran, metode, dan media yang sudah dirancang sebelumnya dengan tujuan tertentu. Biasanya tujuan pembelajaran mengharapkan peserta didik menjadi lebih baik lagi.

Ya, kali ini saya akan membagikan kegiatan Praktik Baik yang telah dilaksanakan pada Selasa, 18 Oktober 2022. Praktik baik ini dilakukan dengan menggunakan metode Discovery Learning yang diimplementasi pada Edu Game: Budi Adventure. Peserta didik di kelas XI Multimedia yang hadir berjumlah 15 orang.

Dokumentasi 1

Pada pengalaman praktik baik ini, saya mendapatkan peserta didik yang menikmati pembelajaran sambil nge-game. Peserta didik sangat menyukai bermain game sehingga dapat menyelesaikan literasi digital sambil bermain game dengan lebih efesien.

Hal tesebut seimbang dengan pendapat Edgar Dale (1946) bahwa "yang menunjukkan macam media atau kegiatan yang bisa dipakai untuk mengajarkan suatu konsep dan hubungannya dengan tingkat kekongkritan konsep yang bisa tersampaikan. Pembelajaran yang bergantunghanya pada verbal saja (ceramah, membaca) mengandung tingkat keabstrakan palingtinggi, sedangkan pengalaman langsung yang membuat siswa aktif menemukan danmenerapkan suatu konsep memiliki tingkat kekongkritan yang paling tinggi".

Persentase Tingkat Keterlibatan

Praktik Baik BER-BUAD berada pada persentase mengingat 90% dengan tingkat keterlibatan hingga berbuat sehingga dengan BER-BUAD lebih efektif.

Dokumentasi 2

Dokumentasi 3

Semoga bermanfaat ya Sobat RumBel. Jika ada yang perlu ditanyakan jangan sungkan untuk isi komentar. Terima Kasih.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif TIK