RumBel-TIK #1 : Berbagi Online

Sobat RumBel pada ikut Workshop RumBel-TIK Way Kanan tidak? Apapun jawabannya, tetap teh botol sosr*, eh bukan bukan hehe...

Flyer Workshop

RumBel-TIK Way Kanan merupakan Forum Rumah Belajar TIK dari Way Kanan yang mengkolaborasikan 5 SRB dengan PGRI Kab. Way Kanan. Sekaligus memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-77 Tahun 2022 Kab. Way Kanan yang turut mengundang Bapak. Machiavelli Herman. T., S.STP., M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Way Kanan) dan Bapak. M. Ilyas Effendi, M.Pd. (Ketua PGRI Prov. Lampung). Kami khususnya mengucapkan banyak terima kasih kepada PGRI Kab. Way Kanan yang mengizinkan sekaligus memfasilitasi kami dalam kegiatan RumBel-TIK Way Kanan 2022.

Pelaksanaan #1 Senin, 24 Oktober 2022

Pada pertemuan terdiri dari Pembukaan Acara dan Materi dari 2 Narasumber SRB Prov. Lampung. Pembukaan acara pertama dibuka oleh MC sekaligus Moderator Ibu Desmala Dewi dengan menyambut Pak Aan Primadona R, M.Pd. selaku Ketua PGRI Kab. Way Kanan, dilanjutkan Pak M. Ilyas Effendi, M.Pd. selaku Ketua PGRI Prov. Lampung, dan Pak Machiavelli Herman. T., S.STP., M.Si. selaku Kepala Dinas Kab. Way Kanan sekaligus peresmian pembukaan kegiatan Workshop RumBel-TIK 2022.



Pembukaan Acara Ketua PGRI Kab. Way Kanan, PGRI Prov. Lampung, dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Way Kanan

Selain itu, kami turut mengundang Ibu Nuvis Melodiana, Ibu Nuvis merupakan DUta Rumah Belajar Provinsi Lampung Tahun 2022. Ibu Nuvis turut membuka kegiatan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada kami dan khususnya peserta Workshop agar selalu bersemangat mengemban materi yang akan dibagikan selama 2 hari ini. Layaknya takeline PGRI "Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat Indonesia Maju", judul dari workshop ini "Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Mendukung Transformasi Digital".


Motivasi dari Bu Nuvis (DRB Prov. Lampung 2020)


Dokumentasi Acara

Materi Narasumber

Pada kesempatan hari pertama, narasumber pertama disampaikan oleh Pak Noviyah dari SRB Prov LAmpung menyampaikan tentang Media 3D dengan Assmblr. Pak Noviyah menyampaikan tentang praktik baik yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran Matematika di SMP ............. Selain itu, penjelasan tentang langkah unggah MPI (Media Penlejaranan Interaktif) melalui Platform Merdeka Mengajar dan Platform Rumah Belajar. Pak Noviyah juga membuka sesi tanya jawab dengan peserta workshop.

Selanjutnya, narasumber kedua yang seharusnya Bu Desmala Dewi, namun karena terjadi masalah jaringan, maka digantikan menjadi saya. 

Pada penjelasan yang pertamaini, saya menyampaikan tentang praktik baik yang telah saya lakukan sebelumnya. Lebih lengkap lihat disini


Menyampaikan Materi

Selain menjelaskan praktik baik yang telah dilaksanakan, saya juga menjelaskan tentang media yang digunakan dalam praktik baik yaitu Edu Game - Budi Adventure (lihat disini). Multimedia yang digunakan termasuk dalam kategori Edu Game karena memuat permainan pada pembelajaran yang interaktif dalam sebuah media. Dimana game tersebut berhasil diunggah di Repos Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/repos) bida lihat disini.  

Menyampaikan Materi

Pada sesi tanya jawab, peserta workshop menanyakan tentang spesifikasi menggunakan aplikasi Construct 2. Jawabannya adalah bisa menggunakan spesifikasi minimal Intel Core i3 untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi tersbut, namun tidak menuntut kemungkinan bisa lebih kecil dengan desian yang sederhana.

Pertanyaan selanjutnya tentang pembuatan edu game harus melakukan pengkodingan. Jawabannya adalah tidak, Construct 2 adalah salah satu aplikasi pembuat media interaktif tanpa koding, dimana aksi hanya dijalankan dengan perintah-perintah aksi dengan istilah-istilah bahas inggris.


Dokumentasi Workshop

Setelah menjawab pertanyaan terakhir, pertemuan pertama pada Workshop RumBel-TIK berakhir ditutup dengan hamdallah, dan akan dilanjutkan esok hari pada narasumber dan agenda yang berbeda. Terima Kasih.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif TIK